Usert Interface & User Experience

User Experience Design atau yang biasa disebut UX Design adalah proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk. Mudahnya, UX Design merupakan proses membuat sebuah website atau aplikasi agar menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh pengguna.
User Interface Design atau yang bahasa Indonesianya itu Desain Antarmuka Pengguna adalah desain antarmuka untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna. Mudahnya yaitu UI Design adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat seperti apa. Orang biasa menyebutnya sebagai tampilan atau desain sebuah website.

UX dan UI merupakan 2 hal yang berbeda. UX dimaksudkan untuk memahami kebutuhan user, dan siapa user yang mengunjungi website kita, bagaimana caranya agar user nyaman saat mengunjungi website. Sedangkan UI berfokus pada tata letak, visual desain dan branding dari sebuah website ataupun aplikasi.

Ada 5 aspek penting didalam UX. Yaitu :

Learnability

Learnability artinya adalah kemampuan dimana user dapat dengan mudah mengerti maksud dari komponen yang ada didalam UI. Selain itu, user dapat dengan mudah mempelajari maksud dari komponen yang berada didalam UI tersebut. Jika tidak mudah dipahami, maka otomatis user akan tidak tertarik dalam menggunakan sistem tersebut, sebab sistem tersebut terlalu abstrak untuk dipahami. Contonya adalah dengan menggunakan icon tempat sampah pada button, user akan tau bahwa button tersebut berguna untuk "membuang sesuatu"

Gambar 1 : Penggunaan Icon Trashbin untuk tujuan menghapus data

 Efficiency

Arti dari Efficiency adalah melakukan 'dengan' benar. Artinya melakukan sesuatu tanpa membuang banyak sumber daya. Dengan adanya efficiency, pekerjaan yang akan dikerjakan oleh user akan jauh lebih mudah sehingga pengalaman menggunakan program yang baik akan dialami oleh user. User Interface yang tidak Effisien akan sangan menyusahkan user. Contohnya adalah penggunaan combobox dengan data yang berlebihan. Akan lebih efisien jika menggunakan textbox dengan autocomlete.

Gambar 2 : Penggunaan Combobox yang tidak efisien

Memorability

Adalah kemampuan user untuk mengingat fitur - fitur dan konten - konten yang disediakan pada sistem. User akan sangat lebih mudah menggunakan sistem yang dibuat jika user dapat mengingat penggunaan tiap - tiap fitur yang ada. Ini dapat dilakukan dengan cara menambahkan icon atau simbol yang dapat diingat user. Contoh tombol Play untuk memutar video. Penggunaan menu dan sub menu yang berlebihan dapat mengurang Memorability user karena user harus mengingat langkah - langkah yang panjang.
Gambar 3 : Penggunaan Menu yang buruk

Error Handling

Artinya error yang berasal dari user harus diminimalisir. Dalam konteks ini sangat penting untuk menentukan apa yang dimaksud dengan “error”. Dengan tingkat error yang menurun,, kepercayaan diri pengguna yang semakin meingkat, sehingga user semakin termotivasi dalam menggunakan sistem dan meningkatkan kualitas data dari user. Dengan membuat textbox hanya bisa diisi oleh tipe data tertentu (Angka Contohnya) akan meminimalisir error yang disebabkan oleh user.

User Satisfaction

Artinya membuat user nyaman dalam menggunakan program dari sistem yang dibuat. User yang puas dengan lingkungan pekerjaannya maka akan kinerja akan meningkat dan motivasi juga ikut meningkat.

Referensi :
https://sis.binus.ac.id/2017/04/28/perbedaan-ux-dan-ui-serta-tips-dalam-merancang-ux/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Usert Interface & User Experience

User Experience Design atau yang biasa disebut UX Design adalah proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung websit...