Activity Diagram

Mengenal Activity Diagram

Activity Diagram adalah salah satu diagram yang ada pada UML yang menggambarkan langkah - langkah aktifitas yang dilakukan oleh user dan menunjukan kapan user harus melakukan aktifitas tersebut.

Activity Diagram berada 1 level di atas use case diagram. Artinya, activity diagram menjeleskan bagaimana use case berjalan dan aktivitasnya.

Contoh Activity Diagram

Komponen Pada Activity Diagram

Komponen pada activity diagram


Pada pembuatan dan perancangan activity diagram, ada beberapa komponen yang diperlukan. Adapun beberapa komponen dasar yang digunakan adalah :

  • Start point/initial node : Pada titik ini, aktivitas dimulai
  • Action/Activity : Komponen ini menggambarkan aktivitas/aksi yang berjalan. Actifity dituliskan oleh kata aktif.
  • End point/activity final : Titik dimana aktifitas selesai dikerjakan.
Simbol komponen Activity Diagram.

  • Decision : berfungsi untuk melakukan percabangan dengan syarat kondisi tertentu yang harus terpenuhi. Dalam decision, cabang yang dihasilkan boleh lebih dari dua kondisi. Pada decision, kondisi yang harus terpenuhi dituliskan pada garis yang keluar dari decision.
  • Decision pun dapat digunakan untuk melakukan perulangan. (Seperti do-while).
Penggunaan decision sebagai perulangan.

  • Fork dan Join : Fork dan join digunakan untuk aktifitas yang berjalan bersamaan (concurrent activity).

Concurrent Activity (Aktifitas Yang Berjalan Bersamaan)

Dalam sebuah aktifitas didalam sistem, biasanya ada aktifitas yang berjalan secara beramaan. Contohnya adalah pada sistem makanan cepat saji. Ketika customer memesan makanan, maka aktifitas membuat makanan dan minuman dilakukan secara bersamaan. Pada kondisi tersebut, maka pada activity diagram digambarkan dengan komponen fork dan join.

Fork dan join
Fork dan join berbeda dengan decision meskipun sama - sama melakukan percabangan. Pada decision, aktifitas yang dijalankan adalah yang memenuhi syarat dari decision yang ditentukan. Sedangkan pada fork dan join, aktifitas dijalankan secarah bersamaan.

ada beberapa ketentuan dan syarat pada penggunaan Fork dan Join :

  • Jumlah garis keluar yang keluar dari fork harus sama dengan garis yang masuk kedalam join dalam satu concurrent activity.
  • tidak boleh ada activity yang masuk ke dalam join yang tidak berasial dari fork dalam satu concurrent activity.
  • tidak boleh ada deretan activity yang berasal dari fork yang tidak masuk kedalam join dalam satu concurrent activity.

Swimlane

Dalam sebuah urutan/rangkaian aktivitas didalam sistem, kebanyakan melibatkan lebih dari satu aktor/user. Untuk memisahkan aktivitas - aktivitas berdasarkan aktor/user yang bertanggung jawab maka harus dibuat swimlane untuk memisahkan activity berdasarkan user.

Swimlane berbentuk seperti tabel dimana setiap activity untuk tiap - tiap actor/user dipisahkan oleh kolom.

Pembagian activity berdasarkan actor/user menggunakan swimlane




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Usert Interface & User Experience

User Experience Design atau yang biasa disebut UX Design adalah proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung websit...