UML Uses Case Diagram (Pertemuan 2 Bag.2)

Uses Case Diagram

Contoh Use Case diagram

Setelah memahami Tentang UML, maka sekarang akan dibahas salah satu diagram yang digunakan dalam UML. Yaitu Uses case diagram.

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian pertama, uses case diagram adalah model diagram UML untuk mengilustrasikan hubungan antara system dengan user. Dengan kata lain, use case diagram menunjukan "siapa" dan "apa" yang dilakukan pada sistem yang akan dibuat.

Keuntungan Use Case

Use case ringkas, sederhana, dan dipahami oleh berbagai pihak. Sehingga, desainer sistem dan stakeholder dapat memahami sistem yang sedang dibuat.
Selain itu, Use case mengatur sejumlah aktivitas dalam process yaitu : Pembuatan dan validasi model desain, perencanaan iterasi, pembuatan dokumentasi bagi pengguna dan Sistem deployment.
Use case juga membantu sinkronisasi isi model yang berbeda.

Komponen - komponen dasar pada use case

Dalam diagram use case, terdapat 2 komponen dasar yang menyusunnya. Yaitu :

  • Actor

    Actor merupakan komponen yang berada diluar sistem. Actor adalah user yang menggunakan sistem atau  orang/komponen yang berinteraksi dengan sistem. Actor digambarkan dengan stickman (ilustrasi orang - orangan).
    Komponen Actor
  • Use Case

    Use case merupakan gambaran model dari aktivitas/aksi yang ada didalam sistem yang dibuat. Komponen use case dapat menunjukan aktivitas - aktivitas apa saja yang terjadi didalam sistem yang dibuat dan secara tidak langsung dapat menunjukan tujuan dari sistem yang dibuat. Use case adalah gambaran sistem dari sudut pandang pengguna (Actor) sehingga biasanya use case merupakan kegiatan - kegiatan atau aktivitas - aktivitas yang dikerjakan oleh user (Actor) walaupun terkadang use case juga dapat merupakan "apa" yang dikerjakan oleh bagian dari sistem. Use case digambarkan berbentuk oval.
    Komponen Use case
Kedua komponen tersebut nantinya akan saling berhubungan didalam sistem. Hubungan - hubungan dari kedu akomponen tersebutlah yang nantinya akan menggambarkan bagaimana sebuah sistem berinteraksi. Selain itu, ada beberapa jenis komponen lagi yang terdapat dalam use case diagram.

Komponen pada Use Case Diagram

Dependency (Jenis - jenis hubungan antar use case)

Ada beberapa aturan dan jenis - jenis hubungan dalam masing - masing komponen dalam use case diagram.
  • Actor setidak - tidaknya harus terhubung minimal dengan 1 use case
  • Actor bisa terhubung dengan lebih dari 1 use case
  • Use case bisa terhubung lebih dari 1 Actor 
Contoh Hubungan Komponen pada Use Case Diagram
  • Terdapat 1 hubungan yang disebut Generalization. dala generalization, semua komponen yang terhubung dengan komponen induknya juga dimiliki oleh komponen turunannya. Komponen turunan juga dapat terhubung dengan komponen/use case yang lain.
Generalization pada aktor
  • Selain generalization, terdapat 1 hubungan lagi yang hanya terdapat pada komponen use case yaitu extend. dalam hubungan extend terdapat dua use case yaitu extended (arah panah "dari") dan extending (arah panah "ke"). Dalam kasus extend, use case extended mendapatkan tambahan use case extending.Use case extending tidak selalu harus ada dan terhubung pada use case extended (biasanya terdapat syarat - syarat khusus agar use case extending dapat digunakan bersamaan dengan use case extended). Dengan kata lain, use case yang terhubung boleh dieksekusi, boleh tidak. Contohnya pada use case diagram dibawah, ketika customer melihat barang, maka customer dapat memesan barang.
  • Setelah extend, terdapat lagi yang namanya include. Berbeda dengan extend, pada kasus include, included (arah panah "ke") adalah use case yang wajib ada untuk melengkapi including (arah panah "dari"). Contohnya pada use case diagram dibawah adalah, ketika aktor admin ingin mengakses/melakukan use case isi data barang, maka admin harus melakukan use case Login
Contoh penggunaan extend dan include
 Untuk lebih jelasnya, dapat kunjungi link dibawah ini.

http://creately.com/blog/diagrams/use-case-diagram-tutorial/
http://creately.com/blog/diagrams/use-case-diagram-relationships/
http://creately.com/blog/diagrams/use-case-diagram-guidelines/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Usert Interface & User Experience

User Experience Design atau yang biasa disebut UX Design adalah proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung websit...